Sabtu, 05 November 2011

TUJUAN


Tujuan Mendirikan Organisasi IT Project
Menciptakan profesional muda siap kerja di bidang informatika dalam dunia kerja yang memiliki penguasaan keahlian komputer seperti Programming, Jaringan Komputer ( LAN,WAN,MAN), Desain web & web programming dan sistem perangkat keras (Hardware) serta mampu menganalisa dan merancang sistem informasi yang dibutuhkan dalam dunia kerja.dan merubah konsep pembelajaran dari guru ( Instruktur ) dengan siswa/wi yang saling berintraksi dan kekeluargaan.   

Keunggulan kompetitif
Akan Menguasai Keterampilan : Menguasai Microsoft Office, Microsoft Visual Basic, Web Programming & Web Desain , Local Area Network, Internet & Intranet, Marikit Komputer, Instalasi Operating System.Kepribadian, Presentasi Bisnis.
Kurikulum IT Project
Materi
SKS
Materi
SKS
1.       Pengenalan Komputer, DOS, Windows, Network   & seluruh program Aplikasi
4
2.     Troubleshooting Hardware & Software
2
3.       Logika & Algoritma
2
4.     Sistem Basis Data
4
5.       Analisis & Desain Sistem Informasi
4
6.     Komputer Aplikasi II ( Intranet, Internet, Ms. Office, Ms Access)
4
7.       Pemrograman Visual Basic
2
8.     Pemrograman Database ( Visual Basic, SQL Server)
4
9.       Sistem Jaringan Komputer ( Server,  Networking)
4
10. Pemrograman Berbasis Web ( Internet, PHP)
4
11.    Web Design
2
12. Pengembangan Pribadi
4
Jumlah : 40 SKS





Program IT Project berwawasan lingkungan merupakan program pendidikan lingkungan hidup yang komprehensif yaitu dengan menjadikan issue lingkungan hidup sebagai issue yang terintegrasi dalam program IT Project   sehari-hari.  Dalam rangka memberikan panduan dalam pengembangan program tersebut maka perlu dikembangkan ruang lingkup materi program tersebut.

Program IT Project berwawasan lingkungan meliputi program intrakurikuler, ekstrakurikuler dan pengembangan IT Project  . Program-program tersebut merupakan program pilihan yang bisa dilaksanakan seluruhnya atau sebagian. Ruang lingkup materi yang dikembangkan tentunya disesuaikan dengan 3 jenis program di atas.
1.    Program Intrakurikuler:
Program intrakurikuler terdiri dari: (1) Integrasi pendidikan kedalam kurikulum yang digunakan pada setiap mata pelajaran,  (2) Pendidikan lingkungan hidup sebagai muatan lokal. Desain kurikulum pendidikan harus mengacu kepada pendekatan integratif inovasi pembelajaran. Dalam kerangka pengembangan kurilukulum tersebut perlu dikembangkan domain-domain yang memberikan pembatasan atau ruang lingkup pengembangan materi. Ada pun domainnya adalah sebagai berikut:
Domain A: Lingkungan dan masyarakat
Issue lingkungan di kehidupan sehari-hari
Siswa diharapkan dapat memahami hubungan antara perubahan masyarakat dengan perkembangan melalui penelitian sederhana.
Kompetensi :
1.    Siswa dapat menjelaskan perubahan masyarakat yang terjadi di kehidupan sehari-hari dan konsekuensi perubahan kondisi lingkungan, baik secara  positif atau  negatif lingkungan.
2.    Dapat mengidentifikasi perilaku ramah.
3.    Dapat memberikan pendapatan mengenai perubahan masyarakat dan lingkungan  berdasarkan argumen yang inklusif secara norma maupun nilai.
4.    Dapat membedakan antara fakta, pendapat, penyebab, dan dampak.



Industri dan teknologi
Siswa diharapkan dapat menjelaskan prinsip pengaruh teknologi dan industri terhadap perubahan lingkungan berdasarkan observasi di lapangan.
Kompetensi:
  1. Siswa dapat membedakan teknologi yang berdampak negatif atau positif terhadap lingkungan.
  2. Dapat memberikan pendapatan tentang proses pencemaran lingkungan yang di akibatkan oleh industri berdasarkan penelitian sederhana.
  3. Dapat menjelaskan proses-proses teknologi sederhana yang dapat mengurangi pencemaran lingkungan.
  4. Dapat mengidentifikasi produk ramah lingkungan.

Profesi
Siswa diharapkan dapat menjelaskan profesi yang berhubungan dengan pengelolaan lingkungan hidup berdasarkan pencarian informasi atau observasi sederhana.
Kompetensi:
1.    Siswa dapat mengidentifikasi profesi-profesi yang berhubungan dengan pengelolaan lingkungan.
2.    Dapat menjelaskan deskripsi kerja sederhana profesi yang berhubungan dengan lingkungan .
3.    Dapat menjelaskan prinsip-prinsip keselamatan kerja dari profesi yang berhubungan dengan lingkungan.
4.    Dapat menjelaskan kualifikasi profesi yang berhubungan dengan lingkungan dengan cara observasi sederhana.




Domain B:  Sumber daya alam
Jenis sumber daya alam
1.    Siswa dapat membedakan sumber daya alam yang dapat terperbaharui dan tidak dapat terperbaharui.
2.    Dapat menjelaskan fungsi dari sumber daya alam pengelolaan lingkungan
3.    Siswa dapat memahami proses-proses pengelolaan lingkungan
4.    Dapat merencanakan pengelolaan lingkungan hidup di tingkat IT Project  
5.    Dapat membandingkan beberapa macam cara pengelolaan lingkungan.
6.    Dapat memberikan pendapat tentang suatu issue lingkunganberdasarkan penelitian sederhana.

Domain C: Desain program pengelolaan lingkungan hidup
1.    Siswa dapat membuat desain untuk memecahkan permasalahan sederhana.
2.    Dapat merencanakan program sederhana tentang pengelolaan lingkungan.
3.    Dapat melakukan pengeukuran sederhana indikator pengelolaan lingkungan.
4.    Dapat mengevaluasi desain program yang telah dibuat.

Domain-domain yang dikembangkan dalam program intrakurikuler ini bertujuan pengembangkan kecakapan hidup terutama generic skill seperti:
1.    Pembelajaran siswa melalui investigasi secara mandiri.
2.    Belajar mengumpulkan informasi
3.    Mampu bekerja sama
4.    Belajar memformulasikan dan mengekspresikan pendapat.
5.    mengenal profesi yang berhubungan dengan lingkungan.






Dari generik skill yang dikembangkan diharapkan muncul:
1.    Perilaku siswa yang peduli terhadap lingkungan  
2.    Kecakapan komunikasi
3.    Belajar mandiri
4.    kecakapan mencari informasi
5.    learning by doing
6.    mampu bekerja sama.

2.    Program ekstrakurikuler:
Kegiatan ekstrakurikuler merupakan   salah satu dari program IT Project   berwawasan lingkungan yang menjadi target dalam rangka pendidikan lingkungan IT Project  . Ruang lingkup atau kurikulum pembelajaran pendidikan lingkungan pada program ekstra kurikuler bisa menggunakan desain kurikulum sama seperti untuk program intrakurikuler, akan tetapi dalam program ekstrakurikuler lebih baik dibuat  berupa program-program yang disesuaikan dengan kegiatan ektra kurikuler itu sendiri.

3.    Program pengembangan IT Project  :
Program pengembangan IT Project   merupakan program yang dikembangkan oleh Organisasi IT Project   yang implementasinya melibatkan seluruh stake holder IT Project dan Alumni SMKN 2 TB. Dibawah ini adalah program program yang dapat dikembangkan :
a.       Program Cerdas Cermat Se SMK Tingkat Propensi di adakan oleh STMIK Darma jaya
b.      Program Cerdas Cermat Se SMP Tingkat Propensi di adakan oleh IT Project 
c.       Program Local Area Network,MAN, WAN,Programmer dan Web Design
d.      Program Wirausaha

Program ini adalah program yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa/wi yang handal dan menjadi seorang peminpin dan menciptakan lapangan kerja sesuai kebutuhan dunia kerja pada saat ini.

Tidak ada komentar:

 

kalendar